Blog Content

7 Manfaat Green Tea untuk Kecantikan

Dahulu kala, green tea alias teh hijau sangat populer di China sebagai obat untuk segala penyakit. Mulai dari mengatasi sakit kepala hingga depresi, masyarakat China kuno percaya semua itu bisa disembuhkan dengan menggunakan teh hijau. Maka tak heran, hingga kini, masyarakat di seluruh dunia masih mengkonsumsi teh hijau karena kaya manfaat untuk kesehatan.
 
Ternyata tak hanya itu saja, green tea yang mengandung ragam antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium dan potasium rupanya juga mengandung manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Apa saja? Berikut tujuh di antaranya seperti dilansir Top10Remedies:
 
1. Membuat wajah lebih cerah
 
Mengkonsumsi green tea secara rutin mampu membuat wajah terlihat lebih cerah. Kandungan di dalamnya mampu menghilangkan bekas jerawat dan racun yang ada di dalam tubuh serta mengurangi peradangan dan menjaga elastisitas kulit.
 
Sebuah studi yang dilakukan oleh Medical College of Georgia, Amerika Serikat pada 2003 menunjukkan bahwa green tea berguna untuk peremajaan kulit dan bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit serta menutup luka pada kulit.
 
Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan kantung green tea yang sudah dipakai, keluarkan isinya. Tambahkan satu atau dua sendok teh madu dan campurkan dengan air lemon. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan perawatan rutin ini selama dua minggu sekali.
 
2. Mengurangi lingkaran hitam dan mata bengkak
 
Antioksidan pada green tea bermanfaat dalam mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Zat antioksidan tersebut membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang menjadi penyebab timbulnya mata bengkak. Sedangkan vitamin K pada green tea juga membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata.
 
Letakkan dua kantung green tea yang sudah terpakai di dalam kulkas selama 30 menit kemudian tempelkan di bagian mata dalam keadaan tertutup. Diamkan selama 15 menit dan lakukan kembali hingga lingkaran hitam serta mata bengkak Anda mulai menghilang.
 
3. Melawan tanda-tanda penuaan pada wajah
 
Kandungan polifenol pada green tea berfungsi untuk menetralkan tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kulit keriput, timbulnya noda hitam, hingga kulit kusam. Anda bisa mencampurkan tiga sendok makan plain yogurt, satu sendok makan daun green tea dan sedikit bubuk kunyit. Aplikasikan pada wajah dan leher kemudian diamkan selama 20 menit.
 
4. Menghalau jerawat
 
Green tea memiliki zat anti bakteri bernama catechins yang bisa menghalau timbulnya bakteri penyebab jerawat. Zat ini juga membantu menstabilkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.
 
Pada 2012, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang ada dalam green tea mampu mengatasi jerawat dengan cara menghambat bakteri p.acnes.
 
Campurkan ¼ gelas air dan green tea yang baru diseduh, oleskan area wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali sehari hingga wajah terhindar dari jerawat.
 
5. Green tea berguna sebagai toner wajah
 
Seduh dua gelas green tea, diamkan hingga dingin. Tambahkan beberapa tetes essential oil favoritmu dan masukkan ke dalam botol spray. Toner green tea siap digunakan. Anda yang memiliki kondisi kulit psoriasis dan rosacea juga bisa menggunakan toner ini untuk menjaga kesehatan kulit.
 
6. Melindungi kulit dari sinar UV
 
Green tea bahkan bisa melindungi kulit dari sinar UV yang membahayakan. Semua itu karena kandungan asam tanat dan polifenol di dalamnya mampu menenangkan kulit dan menyembuhkan kulit yang terbakar.
 
Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Biochemical and Biophysical Research Communications di 2011 menyebutkan bahwa kandungan EGCG pada green tea ampuh mencegah kanker kulit dengan cara memghambat gen yang menyebabkan munculnya sel kanker.
 
Jika kulit Anda terbakar, seduhlah dua hingga tiga kantung green tea dan masukkan ke dalam kulkas. Gunakan handuk kecil yang direndam ke dalam green tea dan oleskan ke area kulit yang terbakar. Lakukan dua hingga tiga kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada kulit.
 
7. Mengecilkan pori-pori
 
Selain berfungsi untuk mencerahkan wajah dan melindungi kulit dari sinar UV, green tea bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah yang kerap tersumbat dan terinfeksi bakteri. Caranya, rebus green tea dan biarkan hingga dingin. Campurkan beberapa sendok teh hijau dan dua sendok teh cosmetic clay untuk membuat clay mask yang teksturnya padat.
 
Selanjutnya, balurkan pada seluruh wajah dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas perlahan dengan menggunakan air hangat.

Bagikan artikel ini