Blog Content

Apa itu Propolis?

Propolis adalah salah satu hasil eksplorasi dari binatang bersengat yaitu lebah. Sehingga sering disebut juga Bee Propolis. Asal kata propolis yaitu dari bahasa Yunani, dari dua kata yang artinya Pro = sebelum dan polis = kota. Maka secara umum Bee Propolis dapat diartikan sebelum masuk sarang lebah atau maknanya pelindung sarang Lebah dari ancaman faktor yang datang dari luar sarang.

Karena berfungsi sebagai pelindung maka Lebah menyusun atau meramu propolis dengan bahan pilihan. Substansi propolis berasal dari resin ( sejenis getah tanaman) yang berasal dari kulit tanaman. Tanaman yang sering diambil resinnya pada umumnya berasal dari tanaman Poplar (Populus Sp), Birch (Betula Sp) atau Conifer (sejenis pinus). Lebah mengumpulkan resin dari tanaman yang kemudian di ramu dengan lilin dan air liur lebah. 

Manfaat propolis bagi lebah adalah melindungi lebah dari infeksi bakteri atau virus. Kecuali itu lebah juga memanfaatkan propolis sebagai penambal sarang yang retak. Lebah sangatlah rentan terhadap rentan terhadap infeksi bakteri atau virus karena lebah tidak tidak memiliki sistem kekbalan tubuh yang baik. Sehingga lebah sangat tergantung pada propolis untuk menjaga agar sarang, koloni telur, dan larva tetap dalam keadaan steril.

Bahan bahan yang terkandung dalam propolis sangatlah komplek yaitu sekitar 200 komponen yang teridentifikasi. Luar biasa bukan. Namun secara garis besar propolis terdiri dari :

  • Balsam : 50% (polifenol)
  • Getah  : 30%
  • Minyak esensial : 10%
  • Pollen : 5%
  • Zat organik lain : 5%

Kandungan Polifenol yang tinggi di dalam bee propolis berfungsi sebagai anti-bakteri, antivirus, anti jamur, antioksidan, anti peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Manusia

Bagi lebah propolis bermanfaat sebagai perlindungan dan kekebalan, begitu juga jika di manfaatkan oleh manusia akan memberikan afek yang sama bagi tubuh. Manfaatitu antara lain :

  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Kandungan polifenol dalam propolis membantu meningkatkan produksi serta aktifitas sel sel imum.
  • Sabagai antioksidan yang tinggi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bee propolis dapat membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Radikal bebas adalah atom aktif dengan jumlah elektron yang berlebihan atau kurang, sifatnya tidak stabil, dapat terjadi secara alami dalam tubuh kita ataupun terjadi karena faktor lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.
  • Sabagai antimikroba. Propolis sangat sfektif melawan bakteri, virus, dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
  • Menyembuhkan peradangan. Kandungan senyawa Caffeic Acid Phenetyl Ester dalam propolis sangat baik untuk menyembuhkan peradangan dan luka.
  • Melindungi jantung. Kemampuan lain propolis adalah dapat menurunkan LDL (koleterol jahat) dan triglisida, serta meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga sangat baik untuk menurunkan resiko timbulnya penyakit jantung.
  • Menyembuhkan tukak /luka pada lambung. Kemampuan propolis sebagai anti mikroba dapat menekan aktifitas bakteri Helicobacter Pylori yaitu bakteri penyebab tukak lambung.

U-LIFE PREMIUM PROPOLIS

U-LIFE PREMIUM PROPOLIS adalah produk propolis yang diolah menggunakan teknologi NANO sehingga mudah diserap oleh tubuh. Selain itu produk ini juga memiliki kandungan flavonoid yang tinggi serta tidak menggandung WAX maupun ALKOHOL. Sehingga sangat aman untuk di konsumsi. 

Bagikan artikel ini